Rabu, 27 Januari 2010

Tugas Sekolah

Indentasi adalah cara pemformatan Paragraf aagar terjadi lekukan pada bagian teks. Hal ini dperlukan biasanya untuk memberi tanda pemisah antar paragraf

Indentasi menentukan jarak paragraf baik dari sisi kiri atau sisi kanan. Dalam margin(sisi), Anda dapat menambahkan atau mengurangi indentasi paragraf atau kelompok paragraf. Anda juga dapat membuat indent negatif (juga dikenal sebagai outdent), yang menarik paragraf ke arah margin kiri. Anda juga dapat membuat indentasi gantung, dimana baris pertama paragraf tidak dimasukkan, melainkan garis berikutnya.

Indentasi (lekukan)hanya pada baris pertama dari sebuah paragraf


Caranya adalah:
Klik di depan baris yang ingin Anda indent.

Paragraph
Pada Page Layout tab, klik ‘Paragraph Dialog Box Launcher’, dan kemudian klik tab indentasi dan Spasi. Dalam daftar ‘Special’ di bawah Indentasi, klik baris pertama, dan kemudian di kotak ‘By’, menetapkan jumlah ruang yang Anda inginkan baris pertama akan menjorok.
Catatan Baris pertama paragraf dan semua paragraf berikutnya yang Anda ketik akan menjorok ke dalam. Namun, setiap paragraf sebelum paragraf yang dipilih harus diberi indentasi secara manual dengan menggunakan prosedur yang sama.

Menambah atau mengurangi indentasi kiri dari seluruh paragraf:


Pilih paragraf yang ingin Anda ubah. Pada Page Layout tab, dalam kelompok ‘Paragraph’, indentation 'Left', klik ikon-ikon panah di sebelahnya, untuk menambah atau mengurangi lekukan kiri paragraf.

Menambah atau mengurangi indentasi kanan dari seluruh paragraf:

Pilih paragraf yang ingin Anda ubah. Pada Page Layout tab, dalam kelompok ‘Paragraph’, indentation 'Left', klik ikon-ikon panah di sebelahnya, untuk menambah atau mengurangi lekukan kanan paragraf.

ind_spac

Mengatur indent dengan menggunakan kunci TAB

Pilih Set kiri dan pertama-indent dengan tab dan backspaces kotak centang.

a. Untuk indent baris pertama dari sebuah paragraf, klik di depan baris.

b. Untuk indent seluruh paragraf, klik di depan baris tapi baris pertama.

Indent semua kecuali baris pertama dari sebuah paragraf


Pilih paragraf di mana Anda ingin indentasi semua kecuali baris pertama paragraf, juga disebut sebagai indentasi gantung. Pada penggaris horisontal, tarik penanda Hanging Indent ke posisi di mana Anda ingin indent untuk memulai.

hanging
*Jika Anda tidak melihat penggaris horizontal yang berjalan di sepanjang bagian atas dokumen, klik View > Ruler.
*Untuk informasi lebih presisi dalam menetapkan indent gantung, Anda dapat memilih pilihan pada tab indentasi dan Spasi.

Pada Page Layout tab, klik ‘Paragraph Dialog Box Launcher’, dan kemudian klik tab indentasi dan Spasi. Dalam pilihan ‘Special’ di bawah Indentasi, klik Hanging, dan kemudian di kotak ‘By’, untuk menetapkan jumlah ruang yang Anda inginkan untuk indentasi menggantung.

Membuat indentasi negatif (Outdent)


Pilih teks atau paragraf yang Anda ingin panjangkan ke margin kiri. Pada ‘Page Layout tab’, dalam kelompok ‘Paragraph’, klik ikon panah ’launcher’ di kanan bawah.

outdent
Terus klik panah ke bawah sampai teks yang dipilih diposisikan di mana Anda inginkan di pilihan indentation ‘Left’.



0 komentar: